ads

Sunday 17 January 2016

Peran UKS di Sekolah Ramah Anak SMP Negeri 1 Larangan

banunbrebes.blogspot.com, LARANGAN – Untuk membentuk sumber daya manusia yang baik tentu dibutuhkan kualitas pendidikan yang semakin hari semakin maju. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut SMP Negeri 1 Larangan sebagai Sekolah Ramah Anak melakukan berbagai usaha dan kegiatan, salah satu diantaranya adalah Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Hal ini erat kaitannya dalam pelaksanaan belajar siswa di sekolah.Tanpa kesehatan yang baik siswa tidak akan dapat mengikuti proses belajar di sekolah dengan baik.

H. Fuad Andriyanto, S.Pd selaku kepala SMP Negeri 1 Larangan berharap dikemudian hari kesehatan yang kita lakukan dapat tumbuh jiwa yang sehat serta bermanfaat bagi sumber daya manusia yang berkualitas. “Kegiatan UKS di SMP Negeri 1 Larangan dapat berjalan dengan lancar atas bantuan dari anggota UKS yang membantu secara maksimal,”tambahnya.

Pembina UKS Hadi Nursalim, S.Pd mengatakan bahwa dengan UKS ini diharapkan mampu menanamkan sikap dan prilaku hidup sehat pada dirinya dan mampu menolong orang lain. “Selain itu juga UKS dapat meningkatkan peran serta peserta didik dalam peningkataan kesehatan di Sekolah,”imbuhnya.
Salah satu siswi kelas 9H Sari Indah puspitasari selaku anggota UKS merasa senang dapat membantu siswa yang sakit dengan memberikan obat-obatan yang sesuai dengan yang diderita. “begitu juga saya dapat mendapatkan tambahan wawasan dan pengalaman,”ujarnya.

Usaha Kesehatan Sekolah di SMP Negeri 1 Larangan berdiri pada tahun 1990 dan tahun 2016 ini telah memprogramkan beberapa kegiatan yang bertujuan meningkatkan pelayanan kesehatan kepada siswa yang membutuhkan, setidaknya penanganan pada tingkat pertama (pertolongan pertama), diantaranya mengobati anak sakit, penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, menganjurkan anak yang sakit untuk berobat ke puskesmas atau Rumah Sakit dan penanganan lainnya dengan fasilitas UKS yang memadai. (Hadi NS editor Lukman)

0 komentar:

Post a Comment