ads

Monday 28 December 2015

Enaknya Makan Durian Kutaraja Farm di Rumah Durian Desa Pamijen


Celoteh tonjong.com, PAMIJEN – Rumah Durian Kutaraja Farm, itulah sebutan rumah M. Gholab 46. Rumah itu berada di Desa Pamijen, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes. Dari pusat kota, rumah tersebut berjarak sekitar 35 kilometer atau sekitar 60 menit jika ditempuh dengan sepeda motor.
Saban musim durian tiba, rumah A. Gholab dipenuhi durian berbagai jenis. Pembeli bebas memilih durian sesuai selera. Mereka yang mendatangi lokasi itu bisa langsung menikmati durian di rumah. Durian didatangkan dari kebun sendiri seluas 34 Ha yang tersebar di kebun Desa Kutayu, Desa Rajawetan, Desa Tenggeran.
” Untuk jenisnya ada macam-macam. Seperti durian montong lokal, durian mentega, dan jenis lainnya. Rata-rata jenisnya montong dan lokal, sebelum dimakan, cicipi langsung, jika cocok lsngsung di belah terus dinikmati” kata Gholab saat ditemui di rumahnya, Kamis (24/12/2015).
Gholab memulai usaha Rumah Durian pada 2006 silam. Awalnya, ia merintis ini dari usaha Ayahnya Toha yang melihat keberhasilan orang cilacap budidaya duren di Desa Rajawetan. Akhirnya mencari informasi seputar budidaya duren hingga sampai ke WarsoFarm yang dibogor. Usaha itu membuahkan hasil.
Pembeli dari berbagai daerah saban hari ramai-ramai mendatangi rumahnya demi menikmati durian yang ia jual. Tak hanya warga Tonjong, para pembeli juga berasal dari wilayah lain seperti Brebes, Tegal, Cirebon, Purwokerto, Jakarta.
Kini, A. Gholab tak perlu jauh-jauh menjajakan durian miliknya lantaran pembeli berdatangan ke rumahnya.
“Setiap hari bisa menjual hingga 500 durian,” ungkapnya.
Soal harga durian yang dijual, Gholab mengatakan bervariasi antara Rp 35.00-Rp.45.000/buah jika duren lokal super. Sedangkan jika duren montong dijual per kg yakni Rp. 45.000. “Harganya memang lebih miring, Kalau di luar ada selisih harga yang lumayan, dan menikmati duren di rumah durian ada jaminan, jika ga manis atau lezat boleh ditukar, ” ungkapnya.
Salah satu pembeli, Marzuki, mengaku baru kali pertama mendatangi Rumah Durian. “Tahunya di tonjong adanya di desa kalijurang yang di jual di pinggiran jalan. Ini sekaligus jalan-jalan ke Negarayu mampir ke sini,” kata warga Warga temukerep, Larangan Brebes itu.
SUMBER : celotehtonjong.com

0 komentar:

Post a Comment